User Agreement

Berikut adalah persetujuan pengguna untuk mengakses dan menggunakan website maupun layanan SpeedGram lainnya, dengan mengakses setiap halaman dari website maupun menggunakan aplikasi baik berbasis dekstop, mobile dan sms maupun menggunakan layanan SpeedGram lainnya, berarti  anda telah memahami dan setuju untuk terikat serta tunduk patuh pada persetujuan pengguna . Jika anda tidak menyetujui persetujuan, harap jangan melanjutkan akses ke website atau melanjutkan install aplikasi maupun melanjutkan layanan dari SpeedGram. Segera akhiri mengakses website maupun installasi aplikasi SpeedGram maupun layanan SpeedGram lainnya.  Adapun ketentuan persetujuan pengguna yang dimaksud adalah:

Pengertian

Setiap istilah sebagai berikut yang digunakan dalam Persetujuan ini memiliki pengertian sebagaimana yang diberikan kepada istilah tersebut berikut ini, kecuali apabila kalimat yang bersangkutan di dalam Persetujuan ini tegas menentukan lain:

  1. Pengguna (user)/Anda adalah pribadi hukum dan atau atas nama perusahaan suatu perusahaan atau organisasi/lembaga lainnya dan atau untuk kepentingan pengguna yang menyetujui segala syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan dalam Persetujuan berikut ini.
  2. Perusahaan adalah PT. Integra Data Solusi bekerjasama dengan PT. Bimasakti Multi Sinergi selaku pencipta, pengembang, pemilik dan pihak yang secara hukum sah mengoperasikan website maupun semua layanan SpeedGram  lainnya untuk suatu tujuan transaksi pembayaran, penerimaan tagihan, penarikan dana, dan transfer antar Pengguna (user) serta hal-hal lain yang terkait dengan hak atas kekayaan intelektual, hak atas keuntungan ekonomis dan hak-hak lain yang dimiliki secara sah dan benar berdasarkan hukum yang berlaku atas pengoperasian website maupun layanan SpeedGram lainnya.
  3. Transaksi adalah suatu kegiatan pertukaran atau perpindahan baik berupa uang yang dilakukan menggunakan sistem pembayaran online maupun offline yang telah diatur.
  4. Sistem pembayaran online adalah Sistem Pembayaran Elektronik SpeedGram baik yang berbasis web, menetap (statis) maupun aplikasi yang bergerak (mobile application) yang digunakan bukan untuk tujuan pengelolaan uang, pencucian uang serta kegiatan yang bukan termasuk kegiatan perbankan dan segala perbuatan yang merupakan suatu pelanggaran hukum, serta segala hak dan wewenang berdasarkan hukum yang dimiliki oleh Perusahaan dapat digunakan oleh Pengguna untuk melakukan transaksi baik secara on-line maupun offline berdasarkan Persetujuan yang dikeluarkan oleh SpeedGram.

Pendaftaran

  1. Pengguna (user) yang hendak menggunakan website maupun layanan lainnya dari SpeedGram  semata digunakan untuk tujuan pembayaran, pemindahan dana dan transaksi dan layanan lainnya wajib melakukan pendaftaran/registrasi terlebih dahulu secara on-line di: http://speedgram.net Pengguna (user) wajib memberikan data/atau informasi yang dipersyaratkan untuk dapat menggunakan website maupun layanan SpeedGram lainnya untuk tujuan transaksi pembayaran, penerimaan, penarikan dana, dan transfer antar Pengguna (user) maupun layanan yang tersedia pada SpeedGram dengan sebenar-benarnya.
  2. Setiap pendaftaran yang disetujui oleh website maupun layanan SpeedGram lainnya digunakan untuk tujuan transaksi pembayaran, penerimaan, penarikan dana, dan transfer antar Pengguna (user) maka Pengguna (user) memperoleh ID SpeedGram serta Virtual Account (optional). Perusahaan berhak menolak untuk setiap pendaftaran melalui Pengguna (user) selain berasal dari website maupun layanan SpeedGram  lainnya untuk tujuan transaksi pembayaran, penerimaan, penarikan dana, dan transfer antar Pengguna (user) yang dianggap tidak sesuai dengan persyaratan yang diperlukan tanpa perlu memberitahukan alasannya.

Verifikasi dan Sertifikasi

  1. Pengguna (user) harus tunduk dan mengikuti proses Verifikasi yang dilakukan sesuai dengan Undang-Undang Tindak Pidana Pencucian Uang dan Peraturan Perundangan-undangan lainnya yang berlaku di Indonesia
  2. SpeedGram berhak menolak permohonan Verifikasi atau Sertifikasi dari Pengguna (user) SpeedGram apabila:
    1. Data yang dikirimkan tidak sesuai dengan persyaratan yang diperlukan
    2. Bisnis yang dijalankanPengguna (user) termasuk di dalam kategori Pembebasan dan Pembatasan tanggungjawab yang terdapat dalam persetujuan ini serta larang-larangan perbuatan yang Terdapat dalam SYARAT DAN KETENTUAN

Klasifikasi Pengguna (user)

Pengguna (user) berdasarkan Persetujuan ini dibedakan/diklasifikasikan sebagai berikut:

  1. Pengguna (user) Starter adalah Pengguna (user) dari setiap pendaftaran yang disetujui, telah memperoleh ID SpeedGram serta Virtual Account (optional), hanya dapat menikmati fasilitas berupa transaksi penerimaan melalui Pengguna (user) website maupun layanan SpeedGram lainnya serta mampu melakukan pembayaran tagihan (tanpa fee), bisa menjadi merchant dengan 1 produk, kemampuan transaksi hingga Rp 1.000.000 (satu juta rupiah)  perhari serta mampu melakukan pembayaran melalui web commerce (berasal dari transfer).
  2. Pengguna (user) Silver adalah Pengguna (user) Starter yang telah melakukan top up atau deposit pertama minimum sejumlah Rp 100,000,- (seratus ribu rupiah) namun belum memberikan dan melakukan verifikasi data seperti fotocopy tanda pengenal, fotocopy kartu keluarga dan fotocopy nomor rekening buku tabungan dari Pengguna (user). Pengguna (user) silver dapat menikmati fasilitas transaksi seperti penarikan dana, transfer antar Pengguna (user), penyetoran ke rekening bank, transfer dana (remmitance), menjadi merchant dengan berbekal SPI (SpeedCash Payment Interface), kemampuan transaksi hingga Rp 5.000.000 (lima juta rupiah) perhari, bisa menerima dan membayar tagihan serta fasilitas lainnya.
  3. Pengguna (user) Gold adalah Pengguna (user) Silver yang telah memberikan dokumen pelengkap seperti fotocopy tanda pengenal, fotocopy kartu keluarga dan fotocopy nomor rekening buku tabungan dari Pengguna (user) dengan sebenar-benarnya. Pengguna (user) dapat menikmati fasilitas transaksi seperti penarikan dana, transfer antar Pengguna (user), penyetoran ke rekening bank, transfer dana (remmitance), menjadi merchant dengan berbekal SPI (SpeedCash Payment Interface), kemampuan transaksi hingga Rp 20.000.000 (dua puluh juta rupiah) perhari, dongle sebagai sistem keamanan transaksi (khusus aplikasi dekstop), fee bill payment yang lebih menjanjikan, bisa menerima dan membayar tagihan dan fasilitas lainnya serta penawaran bisnis airline ticketing, penjualan telkomvision dan adira.
  4. Pengguna (user) Platinum adalah Pengguna (user) Silver maupun Gold yang telah melakukan Upgrade. Pengguna (user) Platinum berhak menikmati semua fasilitas transaksi seperti penarikan dana, transfer antar Pengguna (user), penyetoran ke rekening bank, transfer dana (remmitance), menjadi merchant dengan berbekal SPI (SpeedCash Payment Interface), kemampuan transaksi hingga Rp 50.000.000 (lima puluh juta rupiah) perhari, dongle sebagai sistem keamanan transaksi (khusus aplikasi dekstop), fee bill payment yang lebih menjanjikan, bisa menerima dan membayar tagihan serta penawaran bisnis airline ticketing, penjualan telkomvision dan adira serta fasilitas khusus untuk layanan webstore dan layanan advertising.

Biaya Administrasi.

  1. Biaya Administrasi adalah biaya yang dibebankan oleh Perusahaan kepada Pengguna (user) yang hendak menikmati fasilitas maupun layanan SpeedGram yang digunakan untuk tujuan transaksi pembayaran, penerimaan, penarikan dana, dan transfer antar Pengguna (user), remittance dan lainnya yang telah berhasil dan hanya dibayarkan 1 (satu) kali untuk 1 (satu) kali pembayaran atau transaksi dan tidak dapat dikembalikan.
  2. Untuk setiap Pengguna (user) yang hendak menikmati fasilitas maupun layanan menggunakan website dan atau layanan SpeedGram lainnya dengan untuk tujuan transaksi pembayaran, penerimaan, penarikan dana, dan transfer antar Pengguna (user) dan layanan lainnya secara maksimal, maka Perusahaan membebankan biaya yang dikenakan hanya 1 (satu) kali kepada setiap Pengguna (user) sebesar Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah) pada saat tahap Starter ke tahap Silver dan dapat digunakan untuk bertransaksi maupun bisa dilakukan penarikan nominal secara maksimal setelah sebelumnya ditambahkan dengan biaya admin untuk penarikan dana tersebut.
  3. Pendebitan Biaya Administrasi dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
    • Melakukan top-up akun SpeedGram Pengguna (user), minimal sebesar Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah).
    • Transfer antar Pengguna (user) minimal jumlah transfer sebesar Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah), dengan persyaratan yang dapat dan diperbolehkan menggunakan fasilitas ini adalah Pengguna (user) yang diklasifikasikan sekurang-kurangya sebagai Pengguna (user) Silver.
  4. Penerimaan melalui Program Afiliasi bagi setiap pendaftaran baru yang melakukan pendaftaran melalui jaringan Pengguna (user) dan pendaftaran baru tersebut menjadi Pengguna (user) Silver. Dari setiap pendaftaran baru yang menjadi Pengguna (user) Silver , maka bagi Pengguna (user) yang memiliki jaringan akan memperoleh komisi afiliasi sebesar Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah) untuk setiap pendaftaran baru, dan apabila memperoleh minimal 10 (sepuluh) pendaftaran baru maka Pengguna (user) tersebut langsung dikenakan Biaya Administrasi.

Biaya Transaksi.

  1. BiayaTransaksi adalah biaya yang secara otomatis dibebankan kepada Merchant untuk setiap Transaksi pembelian yang menggunakan fasilitas website dan atau layanan SpeedGram. Besarnya biaya yang dibebankan adalah 1% (satu persen) dihitung dari total jumlah transaksi.
  2. Biaya penarikan dana adalah biaya yang secara otomatis dibebankan kepada Pengguna (user) yang ingin melakukan pemindahbukuan dana dari rekening akun SpeedGram ke rekening bank Pengguna (user) dan atau penarikan dana melalui Outlet yang bekerjasama dengan SpeedGram dengan menggunakan fasilitas website dan atau layanan SpeedGram. Besarnya biaya yang dibebankan untuk layanan pemindahbukuan dana dari rekening akun SpeedGram ke rekening bank adalah Rp 7,000,- (tujuh ribu rupiah) untuk setiap penarikan minimal Rp 100.000,- (seratus ribu rupiah) dan maksimal Rp 2,500,000,- (dua juta lima ratus ribu rupiah).

Transaksi Mencurigakan.

  1. Transaksi Mencurigakan adalah transaksi yang patut dicurigai yang dilakukan oleh Pengguna (user) secara tidak wajar dan atau yang tidak sesuai dengan profil Pengguna (user)
  2. Berdasarkan Persetujuan ini Perusahaan dapat menolak, membatalkan, membekukan dan melaporkan segala Transaksi Mencurigakan yang tidak wajar maupun tidak sesuai dengan profil Pengguna (user) tanpa perlu memperoleh persetujuan terlebih dahulu dari Pengguna (user) dalam bentuk dan atau alasan apapun.

Penghentian Penggunaan dan atau Layanan.

Atas pertimbangan tertentu berdasarkan kebijakan Perusahaan sendiri dari waktu ke waktu atau apabila diminta, diperintah atau diinstruksikan oleh pihak yang berwenang atau berdasarkan putusan atau penetapan badan peradilan, majelis arbitrase atau pihak yang berwenang agar penyediaan layanan Pengguna (user) website dan atau layanan SpeedGram untuk tujuan transaksi pembayaran, penerimaan, penarikan dana, dan transfer antar Pengguna (user) dan atau layanan SpeedGram lainnya, baik seluruhnya atau sebagian dihentikan untuk sementara waktu atau secara permanen, tanpa adanya kewajiban apapun bagi Perusahaan kepada Pengguna (user), termasuk pembayaran kompensasi apapun, dan dalam hal mana Pengguna (user) (i) tidak akan, dan karenanya dengan ini mengesampingkan dan melepaskan segala hak yang dimilikinya baik berdasarkan Persetujuan ini, berdasarkan hukum, maupun lainnya untuk mengajukan klaim, tuntutan, keberatan, perlawanan atau tindakan apapun terhadap Perusahaan dengan atau sebagai akibat dilakukannya penghentian tersebut; dan (ii) membebaskan dan melindungi Perusahaan sepenuhnya dari segala klaim, tuntutan, keberatan, atau tindakan apapun yang diajukan terhadap Perusahaan, baik oleh Pengguna (user) maupun oleh pihak lain, atas karena dilakukannya penghentian itu serta segala konsekuensi yang timbul darinya.

Kerahasiaan.

  1. Para Pihak sepakat bahwa segala informasi yang terkait dengan Persetujuan ini serta pelaksanaan dari Persetujuan ini (selanjutnya disebut “Informasi”), yang diterima oleh salah satu pihak (selanjutnya untuk keperluan ketentuan ini disebut “Pihak Yang Menerima”) dari pihak yang lainnya (selanjutnya untuk keperluan ketentuan ini disebut “Pihak Yang Memberikan”), harus diperlakukan sebagai informasi yang bersifat rahasia dan wajib dijaga kerahasiaannya, Pihak Yang Menerima Informasi dilarang dan tidak diperkenankan memberikan mengungkapkan atau mengemukakan Informasi tersebut kepada pihak ketiga dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Pihak Yang Memberikan.
  2. Untuk keperluan Persetujuan ini, suatu Informasi tidak dikategorikan sebagai informasi yang bersifat rahasia apabila Informasi tersebut: (a) sudah tersedia untuk umum atau menjadi milik umum (public domain) selain karena pelanggaran atas Persetujuan ini;(b.i) telah diketahui oleh atau telah berada di dalam penguasaan Pihak Yang Menerima sebelum Informasi yang bersangkutan diberikan oleh Pihak Yang Memberikan kepada Pihak Yang Menerima; dan (b.ii) tidak diperoleh baik secara langsung atau secara tidak langsung dari Pihak Yang Memberikan; (c) diperoleh secara sah oleh Pihak Yang Menerima dari pihak ketiga yang memiliki kebebasan untuk mengungkapkannya; atau (d) disyaratkan berdasarkan ketentuan hukum atau oleh pengadilan, majelis arbitrase atau badan atau instansi peradilan lainnya atau oleh pihak yang berwenang (melalui cara apapun) untuk diungkapkan/dikemukakan.
  3. Standar untuk menjaga kerahasiaan Informasi yang diberlakukan bagi Pihak Yang Menerima adalah standar pada tingkat yang diterapkan oleh Pihak Yang Menerima untuk mencegah pengungkapan, publikasi atau penyebaran informasi rahasia miliknya sendiri. Dalam hal Pihak Yang Menerima diminta atau disyaratkan berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku atau oleh pengadilan, majelis arbitrase atau badan peradilan lainnya atau pihak yang berwenang (melalui cara apapun) untuk mengungkapkan/mengemukakan Informasi rahasia, Pihak Yang Menerima akan menyampaikan pemberitahuan kepada Pihak Yang memberikan mengenai permintaan atau persyaratan tersebut serta data, dokumen dan atau informasi yang diminta atau disyaratkan untuk diungkapkan/dikemukakan. Kewajiban menjaga kerahasiaan ini tetap berlaku meskipun Persetujuan ini telah diputus atau diakhiri, untuk jangka waktu selama 1 (satu) tahun terhitung sejak tanggal diputusnya atau diakhirinya Persetujuan ini. Pihak Yang Menerima dibebaskan dari segala tanggungjawab dan tuntutan dan dilepaskan untuk tetap menjaga Informasi rahasia apabila Informasi yang diberikan ternyata tidak benar, palsu atau dipalsukan dan digunakan untuk kegiatan yang melanggar norma susila dan norma hukum yang berlaku, tanpa perlu memberitahukan dan memperoleh persetujuan apapun dari Pihak Yang Memberikan.

Pembebasan dan Pembatasan Tanggung Jawab

Perusahaan tidak bertanggungjawab dan atau memberikan ganti kerugian atas, dan Pengguna (user) wajib melindungi, membela dan membebaskan dan melepaskan Perusahaan sepenuhnya dari dan terhadap, hal apapun yang berhubungan baik secara langsung maupun secara tidak langsung dengan Pengguna (user)an website dan atau layanan SpeedGram untuk tujuan transaksi pembayaran, penerimaan, penarikan dana, dan transfer antar Pengguna (user) dan atau layanan lainnya  atau bagian darinya oleh Pengguna (user), termasuk kerugian apapun (termasuk kerugian yang khusus dan kerugian yang merupakan konsekuensi) yang disebabkan baik secara langsung maupun tidak langsung karena tindakan, perbuatan, kesalahan atau kelalaian Pengguna (user) yang, atau yang dapat, merugikan, tidak menyenangkan, atau menimbulkan ketidaknyamanan bagi pihak lain dimana tindakan, perbuatan, kesalahan, atau kelalaian tersebut dilakukan atau terjadi dengan menggunakan atau memanfaatkan website dan atau layanan SpeedGram untuk tujuan transaksi pembayaran, penerimaan, penarikan dana, dan transfer antar Pengguna (user) atau bagian darinya, termasuk namun tidak terbatas pada penerimaan dana untuk pencucian uang, melakukan pelanggaran HAKI, melakukan tindakan-tindakan yang melanggar norma-norma kesopanan, kesusilaan atau ketertiban umum atau aturan hukum atau melakukan tindakan kejahatan atau pelanggaran, perbuatan pornografi atau pornoaksi atau prostitusi, perjudian, kegagalan transaksi yang disebabkan gagalnya atau putusnya jaringan dan atau sambungan internet, Pengguna (user)an piranti lunak pihak ketiga, terganggunya jaringan dan sistem bank dan sebagainya.

Perusahaan tidak bertanggung jawab pada Pengguna (user) atas kerugian insidentil atau akibat yang timbul dari:

  1. Pelanggaran atas pembayaran atau persetujuan
  2. Kesalahan pengiriman
  3. Keterlambatan pengiriman
  4. Pengiriman yang tidak sesuai dengan kondisi yang dikonfirmasikan
  5. Pengguna (user)an website dan atau layanan SpeedGram untuk tujuan transaksi pembayaran, penerimaan, penarikan dana, dan transfer antar Pengguna (user) atau setiap pelanggaran lain atas persetujuan atau kewajiban antara mereka dengan Pengguna (user)

Perusahaan tidak bertanggung jawab atau berkewajiban atas kerusakan apapun ( langsung, tidak langsung, khusus atau konsekuensial), kerugian, malu, biaya goodwill atau kehilangan keuntungan yang ditanggung atau diderita oleh Anda dengan alasan atau sehubungan dengan berikut:

  1. Website SpeedGram tidak tersedia;
  2. Setiap akses, Pengguna (user)an atau ketidakmampuan untuk mengakses atau menggunakan website SpeedGram dan / atau website  lain yang terhubung ke website SpeedGram;
  3. Kegagalan, keterlambatan transmisi, gangguan, kesalahan, kelalaian, atau kerusakan apapun dari peralatan, sistem perangkat lunak, server atau terminal dari Perusahaan atau dari merchant;
  4. Serangan atau gangguan oleh virus komputer, korupsi, worms atau oleh seseorang;
  5. Pengguna (user)an yang tidak tepat atau Pengguna (user)an yang tidak sah dari website ini, PIN Anda atau lainnya dari kode keamanan Anda;
  6. Pengambilan dan pemenuhan dari setiap permintaan atau instruksi Anda melalui website SpeedGram atau situs web merchant;
  7. Ketidakakuratan, kesalahan, cacat dari setiap isi dari website SpeedGram atau website lain yang terhubung ke website SpeedGram;
  8. Setiap kerusakan atau cacat operasi terminal komputer Anda, sistem atau perangkat lunak yang digunakan dalam mengakses website SpeedGram;
  9. Kelalaian apapun, keterlambatan dalam kinerja atau non-kinerja pedagang atau pihak ketiga dari siapapun Anda membeli atau berurusan dengan barang atau jasa yang ditawarkan atau tersedia dari website merchant, termasuk namun tidak terbatas pada kewajiban produk, pengiriman yang terlambat atau non-pengiriman;
  10. Pembatalan atau perubahan permintaan Anda, data atau informasi yang dikirimkan oleh Anda untuk Perusahaan atau situs web merchant

Apabila terjadi sistem error dan atau gagal transaksi maka SpeedGram dan bank sebagai penampung dana dapat bertanggung jawab secara bersama-sama (tanggung renteng)

Force Majeure (Keadaan Kahar).

  1. Untuk keperluan Persetujuan ini, force majeure berarti peristiwa, keadaan/kondisi atau kejadian yang terjadi di luar kemampuan, kekuasaan atau kendali wajar dan tidak disebabkan karena kesalahan, dan peristiwa, keadaan/kondisi atau kejadian tersebut menghambat, menghalangi atau menunda menjalankan kewajiban berdasarkan Persetujuan ini.
  2. Yang disebut atau dikategorikan sebagai force majeure mencakup, antara lain: bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, letusan gunung berapi, angin topan, badai, gempa bumi atau petir, wabah penyakit menular, pemberontakan, huru hara, kerusuhan, perang (baik yang diumumkan atau tidak), atau tindakan militer, kebakaran, embargo, pemogokan, sabotase, ketidaktersediaan daya listrik, gangguan pada jaringan telekomunikasi baik terrestrial maupun ekstra-terestrial (ruang angkasa), yang disebabkan karena peristiwa yang terjadi di ruang angkasa termasuk tetapi tidak terbatas pada sun-outage, gerhana matahari, kejadian astronomi atau kejadian meteorit, diterbitkannya/dikeluarkannya keputusan, kebijakan, peraturan atau dilaksanakannya suatu tindakan oleh pihak yang berwenang yang menghambat, menghalangi atau menunda secara langsung pelaksanaan kewajiban berdasarkan Persetujuan iniTidak dipenuhinya atau dilaksanakannya kewajiban menurut Persetujuan ini, tidak termasuk kewajiban untuk melakukan pembayaran biaya Pengguna (user)an Pengguna (user)an website dan atau layanan SpeedGram untuk tujuan transaksi pembayaran, penerimaan, penarikan dana, dan transfer antar Pengguna (user), tidak dianggap sebagai wanprestasi atau pelanggaran atas Persetujuan ini apabila hal itu disebabkan karena force majeure.
  3. Peristiwa force majeure tidak dapat dijadikan sebagai alasan atau dasar untuk menuntut ganti kerugian. Segala kerugian yang diderita atau dialami sebagai akibat atau karena terjadinya peristiwa force majeure bukan merupakan dan tidak menjadi tanggungjawab pihak lainnya.

Pemberlakuan Kebijakan Privasi dan Keamanan, Syarat dan Ketentuan

Ketentuan-ketentuan privasi dan kemanan, syarat dan ketentuan sebagaimana telah menjadi kebijakan perusahaan yang tersedia dalam website dan atau layanan SpeedGram menjadi hukum yang berlaku dan mengikat bagi Pengguna (user) dan menjadi satu kesatuan yang tidak terpisah dari Persetujuan ini.

Bahasa yang digunakan dalam Persetujuan ini adalah Bahasa Indonesia, dan apabila Persetujuan ini diterjemahkan ke dalam bahasa asing lainnya maka penafsiran dan pengertian mengenai isi Persetujuan tetap menggunakan dan mengacu kepada Bahasa Indonesia.

Hukum yang Berlaku.

Persetujuan ini dibuat/disusun serta dilaksanakan dari dan penafsiran atas Persetujuan ini diatur dan tunduk pada hukum Negara Republik Indonesia.

Keterpisahan.

  1. Apabila suatu ketentuan dari Persetujuan ini atau bagian darinya dinyatakan tidak sah, tidak berlaku, tidak dapat dilaksanakan, bertentangan dengan ketentuan hukum yang berlaku atau tidak sesuai dengan kebijakan umum berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku, maka ketidakabsahan, ketidakberlakuan, tidak dapat dilaksanakannya, pertentangan atau ketidaksesuaian tersebut hanya berlaku terhadap ketentuan tersebut atau bagian dari ketentuan tersebut, sedangkan keabsahan, keberlakukan dan pelaksanaan bagian lain dari ketentuan tersebut serta ketentuan-ketentuan lain dari Persetujuan ini tidak terpengaruh atau terganggu dan karenanya tetap berlaku secara penuh dan sah.
  2. Dalam hal demikian, Para Pihak wajib menandatangani dokumen-dokumen yang diperlukan untuk membuat agar ketentuan atau bagian darinya yang tidak sah, tidak berlaku, tidak dapat dilaksanakan, bertentangan atau tidak sesuai tersebut menjadi sah, berlaku atau dapat dijalankan atau untuk memberlakukan ketentuan atau ketentuan-ketentuan baru yang mengembalikan Persetujuan ini sedekat mungkin dengan apa yang diinginkan/dikehendaki oleh Para Pihak dengan atau melalui ketentuan yang semula serta maksud/tujuan dari ketentuan tersebut.

Penyelesaian Perselisihan.

  1. Apabila terjadi perselisihan atau sengketa di antara Para Pihak mengenai atau sehubungan dengan Persetujuan ini dan atau suatu hal yang diatur di dalam atau yang berhubungan dengan Persetujuan ini dan atau pelaksanaan dari dan atau penafsiran atas Persetujuan ini, Para Pihak akan berusaha untuk menyelesaikan perselisihan atau sengketa tersebut secara musyawarah untuk mufakat.
  2. Apabila perselisihan atau sengketa tersebut tidak dapat diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat oleh Para Pihak dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kalender setelah persoalan yang diperselisihkan diberitahukan kepada pihak lainnya oleh pihak yang mengajukan atau mengemukakan perselisihan atau sengketa dimaksud, maka salah satu pihak atau Para Pihak secara bersama-sama bersepakat untuk mengajukan perselisihan atau sengketa tersebut kepada Arbitrase.
  3. Arbitrase yang ditunjuk adalah Badan Arbitrase Nasional Indonesia yang berkedudukan di Jakarta, Indonesia dan dilaksanakan sesuai dengan peraturan Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI), dengan menggunakan 3 (tiga) orang arbiter yang ditunjuk sesuai dengan peraturan tersebut, dan menggunakan Bahasa Indonesia.
  4. Putusan arbitrase yang dikeluarkan bersifat final dan mengikat Para Pihak, dan tidak dapat dipertentangkan dan tidak dapat diajukan banding atau upaya hukum lainnya, dan memiliki kekuatan hukum yang tetap (sehubungan dengan ini Para Pihak menyatakan tidak akan, dan karenanya mengesampingkan setiap hak yang dimilikinya berdasarkan hukum atau yuridiksi manapun untuk mengajukan banding atau keberatan atas, atau memohon dilakukannya pemeriksaan atau peninjauan kembali terhadap putusan yang dikeluarkan atau upaya-upaya hukum lainnya), dan dapat digunakan sebagai dasar untuk putusan atau keputusan di Indonesia ataupun di manapun juga.